Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Suhu Air Hangat untuk Mandi yang Ideal

Manfaat mandi air hangat

Mandi menggunakan air hangat adalah kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang agar merasa rileks dan menyegarkan tubuh setelah melakukan aktivitas seharian. Namun, terkadang kurang disadari bahwa suhu air hangat yang digunakan juga penting dalam kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. 

Kita akan membahas lebih lanjut mengenai suhu ideal air hangat untuk mandi, akibat dari menggunakan air hangat pada suhu yang terlalu tinggi, serta tips untuk menjaga kesehatan kulit saat mandi dengan air hangat. Penting untuk kita mengetahui berapa suhu ideal air hangat untuk mandi yang baik bagi kesehatan, yuk simak penjelasan di bawah.

Berapa Suhu Ideal Air Hangat untuk Mandi?

Suhu air hangat yang ideal untuk mandi dapat berbeda-beda tergantung pada preferensi individu dan kondisi tubuh masing-masing orang. Namun, secara umum, suhu air hangat yang nyaman untuk mandi biasanya antara 37oC sampai 40oC. Suhu ini cukup hangat untuk membantu tubuh lebih rileks dan melepas ketegangan pada otot, namun tidak terlalu panas sehingga bisa menyebabkan kulit menjadi kering atau iritasi. Idealnya, kita bisa mencoba berbagai suhu air hangat untuk mandi dan menyesuaikannya sesuai dengan kenyamanan.

“Bermanfaat bagi tubuh, penggunaan air hangat dengan suhu antara 37-38,3oC atau tepat di bawah 40oC apabila kita ingin mendapatkan manfaat kesehatanya. Air hangat memang, bukan air panas” kata dokter Berian, pada hari senin, 8 Agustus 2022.

Jadi, jika mandi dengan air hangat pada suhu di atas 40oC atau terlalu panas, dokter Berian mengungkapkan bahwa itu bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Dokter Berian menekankan bahwa kulit dilengkapi dengan kelenjar sebasea atau kelenjar minyak yang berperan sebagai pelembab alami pada kulit. 

“Sebaiknya, gunakan suhu air yang di bawah 40oC. Jika kita mandi menggunakan air yang lebih panas atau melebihi 40oC, atau bahkan sering mandi dengan air suhu tersebut, memang benar bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Mengapa demikian? Karena kulit kita dilengkapi dengan kelenjar sebasea atau kelenjar minyak. Kelenjar minyak tersebut berfungsi sebagai pelembab alami pada kulit kita” jelas dokter Berian. 

Jika mandi dengan air terlalu panas, maka kelenjar minyak tersebut akan mengalami gangguan fungsinya. Jika terjadi gangguan, kulit akan mengalami kekeringan dan jika dibiarkan akan mengalami iritasi serta rasa gatal. Contohnya, jika kita menggunakan air panas yang terlalu panas, secara otomatis kelenjar ini dapat mengalami gangguan fungsinya. Maka, minyak-minyak yang seharusnya membantu melumasi kulit, justru tidak dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya, kulit menjadi kering, dan jika dibiarkan dapat menyebabkan iritasi. Kondisi iritasi ini bisa menimbulkan rasa perih atau, jika kulitnya sensitif, bahkan dapat menyebabkan gatal” ungkap dokter Berian.

Untuk memudahkan kamu mendapat air hangat sekarang sudah ada pemanas air hangat dari Ariston. Air hangat bisa didapat dari Ariston water heater solar terbaik. Jadi, itulah suhu ideal air hangat untuk mandi, lalu apa saja manfaat kesehatan mandi air hangat dengan suhu yang ideal? Mari simak penjelasan berikut.

Manfaat Kesehatan Mandi Air Hangat dengan Suhu yang Tepat

tips dan manfaat mandi air hangat

Tentu saja, akan terasa menyenangkan jika kita bisa mandi dengan air hangat setelah melewati hari yang melelahkan. Menariknya lagi, mandi dengan air hangat tidak hanya tentang membersihkan tubuh. Terdapat banyak manfaat positif dari mandi air hangat yang juga dapat mempengaruhi kondisi mental dan emosional kamu.

Sebelum menggali manfaatnya lebih dalam, penting untuk mengetahui timing yang sesuai untuk mandi dengan air hangat. Sebagaimana dikutip dari Suara.com, dr. Berian Rachmanadi menjelaskan bahwa baik pagi maupun malam hari adalah waktu yang tepat untuk mandi dengan air hangat. Meskipun keduanya cocok, namun keduanya memberikan manfaat yang berbeda bagi kesehatan tubuh kamu. Apa saja manfaat mandi dengan air hangat berikut ini penjelasannya.

Manfaat Mandi Air Hangat Terhadap Fisik

Berikut adalah keuntungan mandi air hangat yang berpengaruh positif terhadap kesehatan tubuh : 


1. Mengurangi tegangnya otot dan mengatasi rasa nyeri

Mandi menggunakan air hangat bisa menjadi alternatif terbaik ketika tubuh terasa tegang setelah beraktivitas sepanjang hari. Air hangat membantu mengendurkan otot yang kencang dan meningkatkan aliran darah ke daerah yang kaku. Aktivitas berendam atau mandi di bawah pancuran menggunakan air hangat bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada tubuh, terutama pada punggung, leher, dan bahu.

2. Memperbaiki peredaran darah

Peredaran darah yang lancar adalah faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Aktivitas mandi air hangat bisa melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Tiap organ penting mendapat suplai oksigen dan nutrisi yang memadai sehingga tubuh menjadi lebih energik dan beroperasi dengan efisien.

3. Membantu mengurangi gangguan pernafasan

Tanda-tanda gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat, pilek, atau sinusitis dapat diminimalkan dengan mandi menggunakan air hangat. Uap yang dihasilkan dari air hangat memiliki efek membersihkan dan melembabkan saluran pernapasan, sehingga memberikan perasaan nyaman.

4. Mendukung proses pembersihan kulit dari kotoran dan minyak yang berlebihan

Selain memberikan manfaat bagi tubuh, mandi air hangat juga memberikan manfaat untuk kulit. Mandi dengan air hangat dapat mengakibatkan pori-pori terbuka dan membersihkan kotoran serta minyak berlebihan di kulit. Hal ini dapat mencegah munculnya jerawat dan menjaga kulit agar tetap bersih serta segar 

5. Membantu mengurangi rasa sakit pada sendi dan otot ketika terkena artritis

Mandi menggunakan air hangat dapat mengurangi gejala arthritis seperti nyeri sendi atau otot. Mandi dengan air hangat bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit pada sendi dan otot, sehingga tubuh menjadi lebih nyaman dan gerakan menjadi lebih lancar.

6. Menaikkan suhu tubuh dan kekuatan kontraksi jantung

Dari artikel yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan dijelaskan bahwa paparan air panas dapat meningkatkan suhu inti tubuh dan juga meningkatkan kemampuan kontraksi jantung serta denyut nadi.


Jadi, itulah manfaat mandi air hangat terhadap fisik. Mandi air hangat berpengaruh positif terhadap kesehatan tubuh dapat mengatasi rasa nyeri, meningkatkan peredaran darah yang lancar, mendukung proses pembersihan kulit dan mengurangi rasa sakit pada sendi dan otot. 


Berikut akan dijelaskan tips untuk menjaga kesehatan kulit saat mandi dengan air hangat yang perlu kita ketahui agar kesehatan kulit saat mandi dengan air hangat terjaga.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Mandi dengan Air Hangat 

tips mandi air hangat

Mandi dengan air hangat adalah rutinitas sehari-hari untuk banyak orang. Namun, penting untuk menyadari bahwa mandi yang salah dapat menyebabkan kondisi buruk pada kesehatan kulit. Berikut tips menjaga kesehatan kulit saat mandi dengan air hangat : 

1. Kenali Batas Waktu Mandi

Mandi dengan waktu yang terlalu lama dengan air hangat dapat mengeringkan kulit. Sebaiknya batasi waktu mandi kamu untuk menjaga kelembaban kulit.

2. Gunakan Sabun yang Tepat

Pilihlah sabun yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia yang keras. Hindari sabun dengan pewangi buatan atau bahan yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Hindari Air yang Terlalu Panas

Meskipun mandi dengan air hangat memiliki manfaat, hindari menggunakan air yang terlalu panas karena dapat menghilangkan minyak alami kulit dan dapat menyebabkan iritasi.

4. Jangan Menggosok Kulit Terlalu Keras

Pada saat mandi, hindari menggosok kulit terlalu keras dengan handuk atau spons. Hal ini bisa merusak lapisan pelindung kulit dan menyebabkan iritasi pada kulit.


Dengan mengikuti tips di atas, kita dapat menjaga kesehatan kulit saat mandi dengan air hangat dan memastikan kulit agar tetap lembut dan sehat.

Kesimpulan

Air hangat untuk mandi adalah kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang agar merasa rileks dan menyegarkan tubuh setelah melakukan aktivitas seharian. Suhu air hangat yang ideal untuk mandi dapat berbeda-beda tergantung pada preferensi individu dan kondisi tubuh masing-masing orang. Suhu air hangat nyaman untuk mandi biasanya antara 37-38,3oC atau lebih tepatnya di bawah 40oC. 


Sekarang, sudah ada pemanas air hangat dari Ariston yang memudahkan kamu untuk membuat air hangat. Selain desainnya yang menarik, kamu juga dapat mengatur suhu sesuai dengan preferensi. Air hangat juga bisa didapat dari water heater solar terbaik dari Ariston. Segera nikmati kesegaran dan kenyamanannya, pasang Ariston water heater hanya dari Distributor Ariston terpercaya dan terbesar di Indonesia.

klaverstory
klaverstory Hi, I am Dian