Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5 Event Penting Agustus di Jogja, Tidak Boleh Dilewatkan

Kemeriahan event di Jogja selama Agustus


Memasuki bulan Agustus ada begitu banyak kemeriahan dan kegiatan, apalagi kalau bukan puncak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap sudut kota dipenuhi dengan ornamen merah putih dan umbul-umbul. Semarak makin terasa menjelang tanggal 17 Agustus, para warga berkumpul mengadakan perlombaan seperti makan kerupuk, balap karung dan sebagainya. 

Kemeriahan tidak hanya berhenti di acara tujuh belas Agustus, warga Jogja dan wisatawan juga dimanjakan dengan beragam kegiatan dan festival kesenian dan budaya. Menutup Agustus hari ini saya merangkum 5 event kegiatan seni, budaya, pendidikan dan hiburan:

Artjog 2024

Siapa yang tak kenal Artjog? Salah satu pameran seni tahunan yang paling ditunggu oleh seniman dan pecinta dan penikmat seni. Seperti tahun sebelumnya Artjog diselenggarakan di Jogja National Museum (JNM) dari tanggal 28 Juni hingga 01 September 2024. Tema ArtJog tahun ini adalah Motif: Ramalan.


Jogja Museum Expo 2024

Berbeda dari tahun sebelumnya yang diselenggarakan di pusat perbelanjaan, tahun ini Jogja Museum Expo hadir kembali di Gedung Saraswati Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Pameran ini berlangsung dari tanggal 28 Juli hingga 05 Agustus 2024. Event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY . Melalui kegiatan ini masyarakat diajak untuk mengenal museum yang ada di Yogyakarta, denga harapan, tentu saja, kunjungan ke museum meningkat. Selain pameran juga diselenggaran diskusi dan seminar yang menarik. Pengunjung juga diberi kesempatan mengikuti tur museum kepresidenan dan Istana Kepresidenan Yogyakarta (Gedung Agung).


Nandur Srawung #10

Wasiat: Legacy menjadi tema Pameran Nandur Srawung XI tahun ini. Diadakan di Taman Budaya Yogyakarta dari tanggal 15 hingga 28 Agustus 2024. Pameran ini menampilkan 81 karya dari 75 seniman terpilih yang menggali berbagai interpretasi pribadi tentang makna wasiat dalam seni. Tidak hanya berpameran, Nandur Srawung tahun ini memberikan kesempatan kepada warga Jogja untuk berkenalan dengan seni melalui diskusi dan workhop seni. Srawung Sinau dengan topik Kelas Pengantar Sejarah Seni Rupa Indonesia dipandu oleh Dr Mikke Susanto S.Sn, M.A (Ketua Jurusan dan pengajar di jurusan Tata Kelola Seni, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta tanggal 19 Agustus 2024. Workshop Seni dan Media Sosial mengangkat tema Media di Ruang Pamer dan Pengarsipan Peristiwa dalam Instagram Reels diadakan tanggal 21 Agustus 2024. Workshop dipandu oleh seniman Nandur Srawung. Kurator Nandur Srawung Arsita Pinandita dan Ali Ma’ruf sebagai fasilitator. Seorang content creator dan creative writer.


Konser Kamardikan 2024 Yogyakarta Royal Orchestra

Suasana syahdu sore itu langsung terasa begitu musik mulai dimainkan, ditambah matahari perlahan surut. Tidak salah memilih menghabiskan libur 17 Agustus ini di halaman Kemandungan Kidul, Keraton Yogyakarta. Konser yang dimulai sekitar pukul 16.00 memperdengarkan lagu-lagu nasional. Salah satunya Indonesia Jaya yang dibawakan lewat alunan suara merdu Brian. Ada yang baru di Konser Kamardikan yang biasanya dimainkan di halaman Keben, kali ini ada stand-stand UMKM yang menjual aneka jajanan.


Serenade Bunga Bangsa X

Ada 8 repertoire yang dibagi dalam dua sesi dimainkan malam itu, hari Kamis 29 Agustus 2024. Lagu  nasional dan lagu daerah bergantian memanjakan teliga di bawah kondukte mas Julius. Oiya tahun ini semua personel dan penyanyi yang tampil pada konser Kamis lalu dipilih melalui audisi, pasti senang sekali mereka yang terpilih.



















klaverstory
klaverstory Hi, I am Dian

Posting Komentar untuk "Inilah 5 Event Penting Agustus di Jogja, Tidak Boleh Dilewatkan"